20 Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Laris

Oleh-oleh khas Surabaya - Jalan-jalan ke Surabaya rasanya kurang puas kalau belum beli oleh-oleh khasnya. Pasalnya, Surabaya ini memang tempat yang cukup menyenangkan untuk kamu yang biasa beli oleh-oleh kalau berkunjung ke suatu tempat, seperti jajanan, makanan, camilan, cinderamata, dan lainnya.

Buat kamu yang masih bingung mau beli oleh-oleh apa dari Surabaya, jangan khawatir. Karena, disini kamu bisa menemukan aneka oleh-oleh jajanan dan cinderamata khas dari Surabaya yang paling laris.

20 Daftar Oleh-oleh Khas Surabaya

Berikut ini aneka jajanan dan oleh-oleh khas Surabaya yang sangat direkomendasikan untuk dibeli, jangan sampai terlewat. Selain memang benar-benar khas Surabaya, aneka oleh-oleh ini juga memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

Tipe Oleh-oleh Nama Oleh-oleh Harga
Jajanan Kue Lapis Rp 26.000
Jajanan Kue mente Rp 45.000
Jajanan Almond crispy cheese Rp 45.000
Jajanan Kue bikang peneleh Rp 7.000
Sambal Sambal bu Rudy Rp 25.000
Sambal Sambal Cuk Rp 25.000
Jajanan Keripik buah kane-kane Rp 30.000
Jajanan Pohong tata Rp 50.000
Jajanan Belinjo udang Rp 45.000
Jajanan Kerupuk udang lobster Rp 135.000
Minuman Kopi bandrek Rp 13.000
Minuman Siropen telasih Rp 25.000
Jajanan Rambak sapi Rp 55.000
Jajanan Abon sapi Padmosusatro Rp 54.000
Jajanan Spikoe resep kuno Rp 75.000
Jajanan Kerupuk ikan kanjeran Rp 25.000
Minuman Sirup mangrove Rp 25.000
Makanan Bunarendang Rp 15.000
Makanan Bebek djangkep Rp 100.000
Jajanan Guna-guna snack Rp 45.000
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang oleh-oleh khas Surabaya tersebut di atas, silahkan lihat ulasan berikut ini.

1. Kue Lapis Surabaya

kue lapis khas surabaya
Kue Lapis Khas Surabaya

Terbuat dari bahan dasar singkong yang dikukus dan diolah dengan takaran yang pas, menjadikan kue lapis kukus Surabaya berbeda dengan kue lapis pada umumnya. Teksturnya lebih lembut, empuk, dan rasa selai yang sangat kental. Tidak heran kenapa kue lapis kukus Surabaya menjadi jajanan khas Surabaya paling premium dibandingkan jajanan lainnya dari Surabaya.

Harga dari kue lapis kukus Surabaya cukup beragam, tergantung dari varian rasanya. Sebagai contoh kue lapis kukus Surabaya yang bisa kamu beli di Jalan Raya Mulyosari No 376, harganya adalah sebagai berikut:
  • Cocopandan: Rp 26.000
  • Brownies: Rp 29.000
  • Full keju: Rp 29.000
  • Original: Rp 26.000

2. Kue Mente

kue mente khas surabaya
Kue Mente Khas Surabaya

Kue mente adalah kue dengan bentuk bulat pipih dengan tekstur lembut sedikit gosong pada bagian bawah. Hingga pada saat ini, kue mente tetap menjadi jajanan favorit khas Surabaya karena proses memasaknya yang masih tradisional dan konvensional. Biasanya, kamu bisa mendapatkan kue mente dengan harga mulai dari Rp 45.000

3. Almond Crispy Cheese

almond crispy cheese khas surabaya
Almond Crispy Cheese Khas Surabaya

Camilan ini berbahan dasar tepung, telur, susu bubuk dan gula dengan bentuk tipis bertekstur lembut. Meskipun camilan ini termasuk cookies modern, nyatanya tetap menjadi camilan khas yang banyak disediakan di toko penjual oleh-oleh khas Surabaya. Di Jalan Raya Jemursari No 164 contohnya, kamu bisa menemukan almond crispy cheese dengan harga mulai dari Rp 45.000 untuk tiga varian rasa, yaitu cokelat, green tea, dan original cheese.

4. Kue Bikang Peneleh

kue bikang peneleh khas surabaya
Kue Bikang Peneleh Khas Surabaya

Sering menemukan kue bikang di daerah lain selain Surabaya? Jangan salah sangka terlebih dahulu. Kue bikang peneleh asli Surabaya ini memiliki rasa khas yang sangat berbeda dengan kue bikang biasa, ditambah lagi campuran bahan alami yang bakal menambah cita rasa nikmat kue bikang peneleh khas Surabaya ini.

Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk kue bikang cantik dan lezat ini adalah gula, santan, dan tepung beras. Itulah kenapa rasa dari kue bikang peneleh sangat legit.

Buat kamu yang ingin membeli kue bikan peneleh, bisa mencoba berkunjung ke daerah Jalan Peneleh 32 – 34. Disini, kalian bisa menemukan kue bikang pandan dengan 3 varian rasa, yaitu pandan, kopi moka, dan coklat dengan harga mulai dari Rp 7.000.

5. Sambal Bu Rudy

sambal bu rudy khas surabaya
Sambal Bu Rudy Khas Surabaya

Mau tau kenapa sambal bu Rudy jadi jajanan khas Surabaya? Coba deh, beli satu dan rasakan kenikmatan pedas yang sangat khas. Itulah alasan kenapa sambal bu Rudy sangat special untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang kamu bawa dari kota Surabaya.

Satu botol bu Rudy bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 25.000 di Jalan Dharmahusada 140. Ingat ya, jangan beli sambal bu Rudy yang non original. 3 varian rasa yang bisa kamu dapatkan adalah sambal bawang, sambal bajak, dan sambal udang.

6. Sambal Cuk

sambal cuk khas surabaya
Sambal Cuk Khas Surabaya

Sambal yang satu ini juga tak kalah dengan sambal bu Rudy. Sambal Cuk yang diracik oleh ibu Mujiati memiliki kelebihan pada varian rasanya, dimana kamu bisa dapatkan sekitar 13 varian rasa sambal yang pasti akan membuat kalian berkeringat.

7. Keripik Buah Kane-kane

keripik buah kane kane khas surabaya
Keripik Buah Kane Kane Khas Surabaya

Mau makan keripik tapi tetap sehat? Keripik kane-kane asli Surabaya adalah solusinya. Selain sehat dan gurik, keripik buah kane-kane ini diolah dengan teknologi vaccum frying yang dijamin bakalan tidak mudah melempem.

Beberapa pilihan buah keripik kane-kane yaitu keripik nangka, keripik apel, keripik salak pondok, keripik nanas, keripik pisang, dan keripik ubi ungu.

8. Pohong Tata

pohong tata khas surabaya
Pohong Tata Khas Surabaya

Pohong tata adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari singkong dengan taburan bumbu dan bahan keju sebagai penikmat rasa. Buat kamu yang merasa makanan singkong ini terlalu biasa dan terlalu kampungan, wajib coba pohong tata yang satu ini. Selain murah dan enak, pohong tata memang sudah dijadikan sebagai makanan istimewa khas Surabaya yang banyak dibeli oleh turis mancanegara maupun lokal.

Satu box pohong tata harganya Rp 50.000.

9. Belinjo Udang

belinjo udang khas surabaya
Belinjo Udang Khas Surabaya

Suka makan emping pahit? Mau nyoba rasa emping lainnya? Wajib banget beli belinjo udang dari Surabaya.

Memang sih, bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat belinjo udang semuanya hampir sama dengan yang digunakan pada emping pada umumnya. Namun, belinjo udang ini memiliki tingkat kegurihan tersendiri pada udang yang diolahnya.

Selain itu, belinjo udang juga sudah menjadi oleh-oleh khas Surabaya sejak tahu 1970-an. Jajanan lama yang sampai sekarang masih laris di Surabaya.

10. Kerupuk Udang Lobster

kerupuk udang lobster khas surabaya
Kerupuk Udang Lobster Khas Surabaya

Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka dengan olahan seafood.

Kerupuk udang lobster Ny. Siok adalah yang paling enak di Surabaya. Selain enak, kerupuk udang lobster juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, cocok untuk perkembangan otak anak.

11. Kopi Bandrek

kopi bandrek surabaya
Kopi Bandrek Surabaya

Minuman tradisional ini bisa kamu temui banyak di Surabaya dalam bentuk bubuk. Bahan dan bumbu asli rempah-rempah merupakan senjata utama yang membuat kopi bandrek menjadi minuman tradisional paling enak dan sehat.

Satu bungkus kopi bandrek bisa kamu beli dengan harga Rp 19.000.

12. Siropen Telasih

siropen telasih khas surabaya
Siropen Telasih Khas Surabaya

Minuman yang satu ini sih sudah terkenal lama asli Surabaya sebagai oleh-oleh yang paling dicari oleh wisatawan mancanegara dan lokal.

Sejak 1923 siropen telasih dikelola oleh perusahaan Belanda yang didirikan di Surabaya, Jalan Mliwis No 5 dan menjadi minuman yang memiliki rasa paling nikmat.

Harga satu botol siropen telasih dijual mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 25.000 dengan 8 varian rasa, yaitu jeruk, vanili, frambozen, mawar, coco pandan, leci, karamel, hingga peppermint.

13. Rambak Sapi

rambak sapi khas surabaya
Rambak Sapi Khas Surabaya

Rambak sapi adalah jajanan khas Surabaya berbentuk keripik dengan rasa yang khas. Uniknya, rambak sapi khas Surabaya ini tidak berbau amis seperti rambak sapi dan kerbau biasanya. Ini semua berkat olahan rambak sapi yang masih tradisional dan tidak tercampur dengan mesin sama sekali. Buat kamu yang suka dengan olahan daging wajib beli rambak sapi dari Surabaya.

14. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro khas Surabaya
Abon Sapi Padmosusastro khas Surabaya

Sekilas, abon sapi ini memang terlihat seperti abon sapi biasanya, tapi setelah kamu coba mencicipinya, pasti bakalan ketagihan. Terutama, abon sapi yang dijual di daerah Jalan Padmosasastro.

Rasa pedas dan manis menambah sensasi nikmat makan abon sapi dengan nasi hangat.

15. Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno khas Surabaya
Spikoe Resep Kuno khas Surabaya

Spikoe adalah kue lapis legit yang lebih tradisional daripada kue lapis khas Surabaya. Proses pengolahannya pun tidak menggunakan campuran mesin. Sehingga, membuat tekstur spikoe lebih lembut dari kue lapis legit biasanya.

Di Jalan Rungkut Madya 41, harga 1 box spikoe dijual sekitar Rp 75.000.

16. Kerupuk Ikan Kanjeran

Kerupuk Ikan Kanjeran khas Surabaya
Kerupuk Ikan Kanjeran khas Surabaya

Buat kamu yang sedang berkunjung ke pantai sekitar Surabaya, sudah pasti akan mencium aroma kerupuk yang dijual di sekitar pinggiran laut. Karena, memang kerupuk ini diolah dengan memanfaatkan sumber daya laut yang sangat beragam sehingga bisa diolah menjadi kerupuk ikan biasa, kerupuk cumi, kerupuk kerang, hingga kerupuk rumput laut.

Mau bawa oleh-oleh dari Surabaya yang tahan lama? Kerupuk ikan kanjeran adalah jawabannya. Harga kerupuk ikan kanjeran sekitar Rp 25.000 per kilogram untuk yang masih mentah.

17. Sirup Mangrove

Sirup Mangrove khas Surabaya
Sirup Mangrove khas Surabaya

Sirup mangrove adalah sirup yang terbuat dari tumbuhan mangrove yang kaya dengan yodium, antioksidan, vitamin A dan vitamin C. Sehingga, sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh karena bahan-bahan yang digunakan tidak memiliki kandungan zat kimia.

Kok bisa sih di Surabaya adalah sirup mangrove?

Ini semua karena Surabaya memiliki tumbuhan mangrove yang tumbuh subur di daerah Rungkut. Sehingga para petani memanfaatkannya untuk dijadikan olahan sirup yang nikmat dan sehat.

18. Bunarendang

Bunarendang khas Surabaya
Bunarendang khas Surabaya

Mau makan rendang yang diolah seperti makanan modern? Cobain deh bunarendang, makanan singkatan dari "burger nasi rendang" yang ditemukan oleh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November ini jajanan favorit khas Surabaya yang nikmat dan bikin kenyang. Harganya hanya Rp 15.000.

19. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep khas Surabaya
Bebek Djangkep khas Surabaya

Mau bawa oleh-oleh makanan berat dari Surabaya? Yuk coba kita beli bebek djangkep yang dijual bu Rudy. Bebek djangkep ini diolah sedemikian rupa sehingga tahan lama dan dapat dibawa ke luar kota sekalipun.

Surabaya memang sudah terkenal dengan olahan bebek yang paling enak di Indonesia. Tak heran kenapa bu Rudy mengolahnya menjadi oleh-oleh supaya para wisatawan bisa membawanya ke rumah dengan harga sekitar Rp 110.000.

20. Guna-guna Snack

Guna-guna Snack khas Surabaya
Guna-guna Snack khas Surabaya

Guna-guna snack sebenarnya bukanlah nama makanan, hanya saja guna-guna snack memiliki banyak sekali varian makanan yang enak dan murah, mulai dari keripik singkong, keripik kentang, keripik buah naga, semprit keju, kue lapis kukus, bakso goreng, hingga samosa.

Cocok buat kamu yang mau bawa oleh-oleh khas Surabaya tapi tetap terlihat modern dan kekinian.

Itu dia 20 oleh-oleh khas Surabaya yang paling laris dibeli oleh wisatawan, baik mancanegara maupun lokal. Selain harganya yang terbilang murah dan enak, oleh-oleh tersebut juga memiliki tingkat ketahanan yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi di rumah setelah kamu selesai berlibur bersama keluarga dan kerabat.

Comments