Daftar Lengkap Tempat Wisata di Jakarta untuk Berlibur Bareng Keluarga dan Teman Dekat

Jakarta adalah salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, khususnya di Jakarta Timur. Selain karena memang menjadi ibu kota Indonesia, Jakarta dianggap memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para pebisnis, dan tempat wisata. Maka, tak heran jika kamu berkunjung ke Jakarta, akan menemukan banyak sekali turis yang berdatangan, baik di lokal maupun mancanegara. Meskipun banyak sekali berita yang beredar bahwa Jakarta menjadi kota terpadat, rawan bencana khusunya banjir, penduduknya tidak ramah dan masih banyak lagi hal negatif lainnya. Jakarta tetap memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan. Oleh karenanya, pemerintah akan selalu siap menyediakan puluhan tempat wisata Jakarta yang seru untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga, anak, dan teman dekat.

Buat kamu yang belum mengenal Jakarta secara luas, mungkin akan beranggapan bahwa Jakarta hanya memiliki tempat wisata murah seperti Monas, dan Ancol saja. Padahal, bila ingin ditelusui lebih lanjut, kamu akan menemukan banyak sekali tempat wisata.

Kali ini, saya sudah merangkum daftar lengkap tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu nikmati berikut ini.

1. Monumen Nasional (Monas)

tempat wisata monas

Saya akan mulai membahas dari yang paling terkenal terlebih dahulu.

Siapa yang belum tahu monas? Tower dengan tinggi sekitar 132 meter memiliki daya pikat tersendiri bagi kaum adam dan hawa untuk sejenak melepas kepenatan dari sumpeknya rutinitas Jakarta, dari macet, kriminalitas dan yang lainnya.

Dilihat dari sejarahnya, Monas adalah tugu yang didirikan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno Hatta, yang dijadikan sebagai tempat untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dan rakyat Indonesia yang telah lebih dulu gugur dan meninggal jauh sebelum kamu lahir untuk membela tanah air dari kepentingan penjajah.

Tempatnya yang masih cukup rindang dan nyaman untuk aktivitas yang sifatnya jauh dari pekerjaan, Monas menawarkan setiap pengunjungnya untuk menatap hampir seluruh dataran kota Jakarta melalui puncak monas yang dapat dilalaui menggunakan lift dengan ketentuan hanya diperbolehkan sejak jam 8 hingga 3 sore. Kecuali petugas memiliki kebijaksanaan pada suatu waktu untuk membuka pintu lift menuju puncak monas sampai malam hari yang biasanya disebabkan oleh banyaknya keinginan pengunjung.

Setiap wisatawan yang ingin mencapai puncak monas, dikenakan biaya sebesar:
  • 10 ribu Rupiah untuk orang dewasa
  • 5 ribu Rupiah untuk remaja/mahasiswa
Tiket yang cukup murah untuk liburan yang menyenangkan bersama keluarga, dan sahabat.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Monas di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta


2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tempat wisata tmii

Ingin berlibur sambil belajar mengenal dan memahami seluruh budaya Indonesia bersama anak dan keluarga? Taman Mini Indonesia adalah tempat yang cocok buat kamu.

Disini, keluarga dan anakmu akan diajak untuk melihat seluruh kebudayaan dan rumah adat provinsi yang ada di Indonesia dengan perjalanan kecil menggunakan sepeda atau motor. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan sepeda yang bisa kamu sewa dengan harga sebesar 30 ribu Rupiah untuk 1 jam. Di sela-sela waktu kamu menelusuri rumah adat dalam versi mini, kamu juga bisa mengabadikan momen tersebut karena sifatnya memang terbuka untuk umum. Sehingga, pengunjung bisa lebih leluasa untuk memahami sebenarnya bagaimana bentuk, adat dan cerita dari rumah adat yang sedang dilihat.

Beralih dari sepeda menuju kereta gantung, keluargamu dapat menikmati indahnya tempat wisata TMII ini. Karena ternyata, penataan tempat wisatanya sangat menarik dan indah bila dilihat dari atas. Selain itu, kamu-pun dapat melihat secara langsung bagaimana bentuk seluruh provinsi yang ada di Indonesia dalam versi mini.

Bila sudah merasa tahu tentang semua yang ada di Indonesia dalam versi mini ini, kamu bisa mencoba tempat bermain lain yang letaknya masih berada di dalam satu kawasan TMII, yaitu:
  • Perahu angsa
  • SnowBay
  • Teater 4D
  • Istana Anak
  • Musem
Lihat lebih jelas alamat tempat wisata TMII di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta


3. Dunia Fantasi (Dufan)

tempat wisata dufan

Dufan yang letaknya berada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol ini menjadi tempat wisata theme park pertama di Indonesia yang menyajikan berbagai macam wahana, mulai dari yang seru, segar, menyenangkan hingga menakutkan seperti roller coaster.

Saya tidak tahu pasti ada berapa jumlah wahana yang disajikan di dalam Dunia Fantasi, yang jelas mereka menyajikan puluhan wahana di atas tanah dengan luas sekitar 9 hektar. Mengagumkan! Yang wajib kamu coba beberapa diantaranya adalah roller coaster, kora kora, dan bianglala.

Harga tiket masuk paling update Dufan tahun 2018 adalah sebagai berikut:
  • 200 ribu Rupiah per orang untuk hari Senin - Jumat
  • 299 ribu Rupiah per orang untuk hari akhir pekan dan liburan
  • 400 ribu Rupiah per orang untuk paket 1 tahun
Karena antrian per wahananya yang cukup panjang, Dufan akan selalu hidup khusus untuk memanjakan pelanggannya setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Eits! Tapi, jangan pernah merasa kecewa terlebih dahulu kalau ternyata ada beberapa wahana yang sedang ditutup ketika kamu berkunjung. Memang, setiap minggu akan selalu ada wahana yang harus dirawat.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Dufan di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Jalan Lodan Timur No.7, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430


4. Bianglala J-Sky, AEON Mall

tempat wisata bianglala

Masih ingin bermain wahana bianglala di Dufan tapi tidak punya banyak waktu dan budget? Bianglala J-Sky bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata murah di Jakarta buat budgetmu. Hanya dengan biaya sekitar 50 ribu Rupiah, kamu bisa menikmati bianglala dengan ketinggian sekitar 69 meter, cukup tinggi untuk melihat hampir seluruh dataran kota Jakarta yang indah - terlepas dari asap knalpot, debu, dan yang lainnya - karena letak bianglalanya yang berdiri di atas AEON Mall.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Dufan di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

AEON MALL Jakarta Garden City, RT.8/RW.6, Cakung Tim., Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470


5. Seaworld Ancol

tempat wisata ancol

Masih belum cukup dengan wahana yang ditawarkan oleh tempat wisata Dunia Fantasi (Dufan)? Atau, takut untuk menghadapi rintangan yang menegangkan nan seru di dalam Dufan? Atau, tidak punya uang lebih untuk membiayai semua anggota keluarga untuk masuk ke dalam Dufan? Jangan, khawatir! Karena, di kawasan Taman Impian Jaya Ancol masih ada beberapa tempat wisata Jakarta lainnya yang bisa kamu nikmati bareng keluarga dengan harga yang jauh lebih murah tapi tetap seru untuk dinikmati, salah satunya adalah Seaworld Ancol.

Seaworld Ancol menawarkan sensasi melihat dari jarak dekat 22 ribu spesies ikan, 5 spesies reptil, 13 spesies avertebrata, dan 1 mamalia yang dilihat dari aquarium setengah bulat berukuran raksasa dengan dinding kaca tembus pandang, bersih, jernih dan mengedukasi tentang berbagai macam binatang hidup di perairan dan daratan Indonesia.

Jangan pernah berharap Anda dapat melihat seluruh jenis spesies tersebut hanya dalam waktu satu hari, terutama di hari libur dan akhir pekan. Karena memang, kawasan ini merupakan tempat wisata favorit di Jakarta yang dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk berlibur bersama keluarga. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan bagi siapapun kamu untuk merencanakan dengan matang, mulai dari waktu, biaya dan tempat menginap yang dekat dengan Seaworld Ancol supaya lebih mudah untuk melanjutkan petualangan di esok hari.

Selain seru dan mengedukatif, Seaworld merupakan tempat wisata murah di Jakarta yang bisa kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek sekitar:
  • 80 ribu Rupiah untuk hari Senin sampai Jumat
  • 90 ribu Rupiah untuk hari libur dan akhir pekan
Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Seaworld Ancol di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430


6. Pantai Ancol

tempat wisata pantai ancol

Masih punya banyak waktu di Taman Wisata Jaya Ancol dan ingin menelusuri tempat lain yang lebih indah tanpa biaya tambahan? Cobalah untuk berjalan sekitar 500 meter dari Dufan menuju ke pantai Ancol. Disini, kamu bisa menemukan indahnya pantai dengan air yang bersih, tempat yang nyaman untuk jogging, mengobrol, hunting foto dan sekedar ngopi sambil menikmati hembusan angin pantai yang sejuk.

Lebih seru lagi, pantai Ancol ini tidak ada tiket masuk yang harus kamu bayar, melainkan gratis. Menyenangkan, kan? Yang terpenting dari mengunjungi tempat wisata Jakarta yang satu ini adalah tetap menjaga kebersihan, dan keselamatan diri sendiri. Karena pantainya yang tidak diperbolehkan untuk berenang di berbagai titik.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Pantai Ancol di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara


7. Kepulauan Seribu

tempat wisata kepulauan seribu

Masih ingin menikmati tempat wisata alam di Jakarta yang lebih meng-alam? Jakarta Utara punya jawabannya buat kamu, yaitu Kepulauan Seribu. Kepulauan yang terdiri dari gugusan-gugusan pulau di Selat Sunda ini menawarkan sekitar 5 pulau besar dan kecil, baik yang berpenghuni maupun tidak untuk dijadikan sebagai tempat kamu berlibur, yaitu Pulau Kelor, Cipir, Onrust, Rambut dan Untung Jawa.

Disini, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bukit, bebatuan, pantai yang bersih, laut yang biru, serta pria tampan dan wanita cantik. Satu paket untuk semuanya.

Untuk menuju ke Kepulauan Seribu ini, kamu harus menggunakan kapal ferry atau kapal pelni bersama tour guide yang berada di sana. Perlu diingat, pemberangkatan seluruh wisatawan yang ingin berkunjung di Kepulauan Seribu hanya diperbolehkan dimulai dari pagi hari. Karena, di sore hari menjelang malam dilarang oleh pemerintah setempat.

Paket trip bareng orang lain menuju ke tempat wisata Jakarta ini, biasanya dimulai dari 300 ribu Rupiah, sudah termasuk makan siang, makan malam, sarapan, penginapan dan kapal. Namun, tidak termasuk untuk pernak pernik ataupun jajan.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Pantai Ancol di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:


8. Kebun Binatang Ragunan

kebun binatang ragunan

Sedangkan untuk yang satu ini, pasti banyak diantara kamu yang sering mendengar kabarnya. Karena, memang sering dijadikan sebagai tempat para wartawan televisi nasional meliputi suatu kejadian yang terjadi pada beberapa hewan yang ditangkar di sini.

Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu tempat favorit untuk berlibur di Jakarta bersama keluarga. Bahkan, ada beberapa SMP dan SMK yang menjadi Kebun Binatang Ragunan tujuan utama study tour yang biasanya diselenggarakan 3 tahun sekali.

Kenapa sering dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik?

Karena, di atas tanah dengan luas sekitar 147 hektar, kamu dapat menemukan sekitar 300 spesies hewan yang dijaga dengan cukup baik. Sehingga, dapat dijadikan sebagai tempat wisata di Jakarta yang mengedukasi seluruh anak generasi bangsa Indonesia untuk mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis hewan yang hidup di tanah Indonesia.

Tentu, ini akan menjadi semakin menarik bagi anak kecil, karena mereka menjadi lebih terbuka pikirannya mengenai apa saja hewan yang ada di dunia, khususnya Indonesia. Terutama, karena dapat berinteraksi secara langsung.

Apalagi, dengan tiket masuk yang cukup murah. Tentu, menjadi daya tarik tersendiri bagi Kebun Binatang Ragunan, yaitu:
  • 4 ribu Rupiah untuk dewasa
  • 3 ribu Rupiah untuk anak-anak
Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Pantai Ancol di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta


9. Pasar Seni

pasar seni jakarta

Kembali ke daerah kawasan Taman Impian Jaya Ancol, kamu bisa menemukan pasar yang menyediakan banyak sekali karya seni luar biasa buatan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata Jakarta ini sering disebut dengan Pasar Seni. Bahkan, disini kamu dapat bertemu secara langsung dengan beberapa kolektor seni yang sudah terkenal di Indonesia, seperti Budi Tek.

Beberapa pameran yang sering ditawarkan di dalam tempat wisata Jakarta yang satu ini diantaranya toko cinderamata, galeri pameran, musik, dan komunitas unik di Jakarta.

Bahkan, buat kamu yang penasaran dengan bagaimana cara membuat karya seni yang sedang dipamerkan di sana, kamu bisa mencoba untuk membuatnya secara langsung dengan bantuan para ahli seni yang selalu siap untuk memberikan pengajaran kepada kamu tentang bagaimana karya seni tersebut dibentuk.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Pantai Ancol di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan TImur No. 1/7, Ancol, Pademangan, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430


10. Taman Wisata Angke Kapuk

taman wisata angke kapuk

Ingin menghijau dengan alam? Ingin melihat keindahan alam yang dimiliki Indonesia melalui kota Jakarta? Inilah paru-paru dunia, Indonesia.

Cobalah untuk berkunjung menuju ke tempat wisata Jakarta yang satu ini, Taman Wisata Angke Kapuk. Dinilah kamu bisa menemukan ratusan hektar pohon bakau yang hijau, asri dan indah menggunakan sepeda, perahu ataupun jalan kaki, itu terserah kamu.

Karena, biaya untuk sewa perahu di Taman Wisata Angke Kapuk, kamu harus mengeluarkan kocek sekitar 250 ribu Rupiah. Meskipun mahal, biaya tersebut akan terbalas dengan keindahan taman ini.

Satu hal yang paling unik dari Taman Wisata Angke Kapuk ini adalah kamu dapat merasakan sensasi tentang bagiamana menanam pohon Mangrove langsung di lokasi tersebut dengan biaya sekitar 400 ribu Rupiah.

Lihat lebih jelas alamat tempat wisata Pantai Ancol di Jakarta melalui Google Maps berikut ini:

Jalan Garden House RT.8/RW.1 Kamal Muara Penjaringan, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470


Sudah tahu mau kemana kamu liburan besok? Pilih salah satu tempat wisata Jakarta di atas untuk mendapatkan suasan berlibur yang sangat menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan budget untuk kebutuhan transportasi, makanan, dan biaya lainnya. Lalu, jangan lupa untuk selalu manjaga kebersihan dimanapun kamu berada.

Comments