10 Taman di Surabaya yang Hits dan Cantik

Taman di Surabaya merupakan salah satu tempat yang sering dijadikan sebagai obyek wisata untuk sekedar nongkrong, bermain bersama anak kecil, ataupun obyek untuk foto yang cantik dan cocok untuk di-posting di Instagram. Kenapa begitu? Karena, walikotanya, ialah Sri Rismaharini sangat gemar dan efektif sekali untuk membenahi tempat wisata dan taman yang ada di sana. Selain, karena tamannya yang berpotensi dapat menjadi lapangan pekerjaan baru bagi penduduk sekitar, Surabaya juga memiliki banyak sekali sejarah antara Indonesia dengan Belanda.

Berikut ini adalah dereta foto taman cantik di Surabaya:

taman di surabaya
Kumpulan Foto Taman di Surabaya
Mau tahu apa saja nama taman dan alamatnya? Simak artikel berikut ini lebih lengkap.


BACA JUGA


1. Taman Surya / Taman Balai Kota

taman balaikota surabaya
Taman Balai Kota Surabaya Dilihat dari Atas
Taman di Surabaya pertama kali yang harus kamu kunjungi adalah Taman Surya, atau yang lebih dikenal dengan nama Taman Balai Kota karena tempatnya yang berada di Balai Kota Surabaya dan berdiri bersama gedung balai kota.

Meskipun sudah lama ada, taman Surya memiliki banyak sekali pembenahan pada tata letak, peraturan dan keindahan yang wajib dinikmati oleh semua pengunjung yang datang. Oleh sebab itu, bagi kamu yang dulu sudah pernah beranjak ke taman yang satu ini, sekarang wajib datang lagi karena tempatnya yang sudah dibenahi menjadi lebih indah dan cocok untuk foto Instagram bersama pasangan.

air mancur taman surya
Air Mancur Taman Surya Surabaya
Tidak perlu khawatir lagi tentang biaya masuk dan parkirnya, karena untuk masuk ke dalam taman ini kamu tidak perlu membayar biaya apapun lagi selain parkir. Itupun parkir yang sudah menggunakan kartu elektronik, sehingga aman dari kecurangan dari tukang parkir liar, meskipun kami percaya bahwa Surabaya tidak ada tukang parkir yang curang.

Namun, jika kamu membawa anak atau cucu, sebaiknya siapkan uang puluhan ribu untuk membayar sewa mainan yang tersedia di sana, seperti sepeda, mobil kecil, ataupun yang lainnya. Terutama, untuk jajan anak ya.

Alamat:


2. Taman Sakura / Taman Harmoni Keputih

hutan bambu di taman sakura surabaya
Hutan Bambu di Taman Sakura Surabaya
Kok taman di Surabaya punya 2 nama sih? Jangan salah sangka terlebih dahulu. Beberapa taman di Surabaya memiliki lebih dari 1 nama dikarenakan penyebutan namanya kadang disesuaikan dengan nama jalan dari taman itu berada. Sehingga, lebih mudah untuk menemukan alamat taman yang ingin penduduk kunjungi.

Seperti yang satu ini, Taman Sakura atau yang dikenal juga dengan sebutan Taman Harmoni Keputih karena letaknya yang berada di jalan Keputih Tegal.

Perlu kamu ketahui, dahulu sebelum Sri, Walikota Jawa Timur melakukan perombakan, taman ini tidak memiliki pemandangan yang seindah ini. Bahkan, lebih terlihat seperti kebun biasa hingga pada akhirnya sering dijadikan sebagai tempat pembuangan akhir oleh warga sekitar.

bunga di taman sakura surabaya
Bunga di Taman Sakura Surabaya
Lihatlah sekarang, sudah ada banyak sekali tanaman bunga sakura yang cantik, segar dan terbuka untuk seluruh pengunjung membuat taman yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai bahan foto Instagram. Gimana menurutmu? Cantik, kan?

Alamat:


3. Taman Jayengrono

taman jayengrono surabaya dilihat dari atas
Taman Jayengrono Surabaya Dilihat Dari Atas
Masih satu nuansa dengan taman Balai Kota Surabaya, taman di Surabaya yang satu ini menawarkan tempat yang sangat cozy untuk bersantai menikmati sejuknya udara Surabaya di sore hari, yaitu Taman Jayengrono.

Terletak di pusat perbelanjaan Jembatan Merah Plaza (JMP), tempat ini memiliki sejarah yang cukup tragis, yaitu tempat meninggalnya Jenderal Inggris Brigjen A.W.S. Mallaby. Bahkan, ada replika mobil milik Mallaby di atas spot tersebut.

Spot Jendral Mallaby Tewas di Taman Jayengrono
Spot Jendral Mallaby Tewas di Taman Jayengrono
Sejarah tersebut dicatat dalam bentuk jumlah bambu runcing warna kuning yang terletak di dekat pintu masuk selatan. Catatan tersebut diimplementasikan dalam jumlah 10 buah, 11 buah dan 45 buah bambu runcing untuk mengenang Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 1945.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Sebaiknya siapkan kamera yang cukup bagus untuk mengabadikan setiap momen kamu berada di sana. Jangan sampai terlewat sedikitpun, betul?

Alamat:


4. Taman Bungkul

Ingin benar-benar mengunjungi ikon-nya kota Surabaya? Kamu wajib datang kesini. Karena, Taman Bungkul adalah ikon-nya Surabaya yang sudah terkenal hingga mancanegara. Tata letak, desain, kerapihan, dan kenyamanan adalah salah satu kunci yang menjadikan taman ini sebagai taman terbaik di Surabaya. Bahkan, jika beruntung, kamu akan bertemu dengan banyak sekali turis dari luar negeri yang ingin mempelajari bagaimana tata letak taman ini dibangun.

Taman Bungkul di Surabaya
Taman Bungkul di Surabaya
Tidak hanya indah, taman di Surabaya yang satu ini juga memiliki sejarah tersendiri yang patut untuk kita hormati. Sejarah tersebut adalah mengenai Ki Ageng Supo, atau yang lebih terkenal dengan sebutan Sunan Bungkul. Salah satu tokoh nusantara yang berdakwah menyebarkan ajaran agama Islam di Indonesia.

taman bungkul dilihat dari atas
Taman Bungkul Dilihat dari Atas
Sudah tidak sabar mengunjungi tempat yang satu ini? Kamu bisa lihat peta yang ada di bawah ini.

Alamat:


5. Taman Skate & BMX

Taman Skate & BMX Surabaya
Taman Skate & BMX Surabaya
Taman yang satu ini sekarang menjadi salah satu pusat perhatian kota Surabaya, pasalnya Sri, sebagai Wali Kota Surabaya ternyata tidak hanya memperhatikan taman secara umum saja. Melainkan, ada tempat dimana anak muda dapat berkreasi, menyalurkan hobi untuk bermain skateboard dan BMX.

arena bermain taman skate dan bmx
Arena Bermain Taman Skate dan BMX
Meskipun nama taman ini Skate & BMX, bukan berarti yang bisa mengunjungi taman ini hanya mereka yang memiliki hobi 2 olahraga tersebut. Karena, disini kamu bisa melihat mereka beratraksi dan berlatih untuk memenangkan suatu perlombaan. Cocok banget buat dijadikan sebagai taman hiburan di Surabaya dengan nuansa ala milenial.

Alamat:


6. Taman Monumen Bambu Runcing

Kamu masih ingat dengan bambu runcing? Sebuah senjata yang digunakan oleh tentara Indonesia untuk mengusir para penjajah dari tanah air kita, terutama para kolonialiesme Belanda. Saat ini, sejarah tersebut dikenang dalam sebuah taman yang didirikan di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya. Bahkan, menjadi salah satu taman terbaik di Surabaya yang menawarkan sejarah dan keindahan tak ternilai.

pilar monumen bambu runcing surabaya
Pilar Monumen Bambu Runcing Surabaya
Disini, kamu dapat melihat 5 pilar besar yang dibentuk menyerupai bambu runcing lengkap dengan corak khas bambu pada kehidupan nyata. Berapa tinggi dari masing-masing pilar? Saat ini, warga sipil tidak ada yang mengetahuinya. Lagipula, pemerintah setempat-pun tidak pernah mengabadikan berapa tinggi dari masing-masing pilar tersebut. Yang terpenting adalah disini kamu dapat menyaksikan bambu runcing sambil duduk manis bersama teman dekat atau keluarga di taman yang mengelilingi monumen ini.

Pada suatu waktu, jika beruntung, kamu bisa melihat air mancur yang keluar langsung dari 5 pilar bambu runcing tersebut.

taman monumen bambu runcing
Taman Monumen Bambu Runcing Surabaya
Tidak jauh dari lokasi Taman Monumen Bambu Runcing, kamu dapat berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya. Lihat lebih lengkap alamat Taman Monumen Bambu Runcing berikut ini.

Alamat:


7. Taman Mundu

Taman Mundu di Surabaya
Taman Mundu di Surabaya
Tidak kalah menariknya dengan taman yang lain, Taman Mundu menjadi salah satu spot favorit untuk berburu foto di Surabaya karena menawarkan gemerlap malam yang sangat indah. Lampu taman, bunga-bunga, tempat yang bersih, hingga air mancur menjadi background foto yang menarik untuk kamu share di Instagram.

Dikarenakan kolam air mancur yang tidak terlalu besar inilah, kamu dapat merasakan sensai cipratan air yang keluar dari lingkarannya. Membuatnya menjadi semakin menarik untuk dicoba, bukan?

Alamat:


8. Taman Pelangi

taman pelangi dilihat dari atas
Taman Pelangi Dilihat dari Atas
Kamu tergila-gila menjadi fotografer terbaik di Surabaya? Pas banget nih, ada satu taman di Surabaya yang menawarkan kamu untuk mencoba kemampuan hunting foto, yaitu Taman Pelangi.

warna pelangi di taman pelangi
Warna Pelangi di Taman Pelangi
Taman yang sebenarnya tidak memiliki banyak sekali hiburan ini, menawarkan puluhan pilar dengan warna pelangi yang sangat menarik untuk diabadikan dan share di Instagram. Tertarik untuk mengasah kemampuan fotografi kamu? Sebaiknya, kunjungi tempat ini pada malam hari untuk mendapatkan pengalaman yang sempurna.

Alamat:


9. Taman Lansia

Kok Taman Lansia, sih? Itu kan buat orang yang sudah lanjut usia ya?

taman lansia dilihat dari atas
Taman Lansia Dilihat dari Atas
Eits, jangan salah dulu. Memang benar, Taman Lansia ini dibangun sebanrnya untuk orang yang sudah lanjut usia, seperti kakek dan nenek kamu. Akan tetapi, Taman Lansia juga tidak tertutup untuk anak muda, kok.

sejuknya taman lansia di surabaya
Sejuknya Taman Lansia di Surabaya
Lagipula, Taman Lansia memang menjadi tempat yang cukup favorit untuk hunting foto para remaja yang budget-nya minim. Kalau kamu lihat lagi foto taman tersebut, pasti kamu akan merasa tertarik karena tempatnya yang rapih, bersih dan juga memiliki background yang sangat instagrammable.

Alamat:


10. Taman Kunang Kunang

Kamu masih tahu soal serangga kecil yang satu ini? Kunang-kunang dengan lampunya yang kuning menjadi konsep yang sangat menarik taman ini. Nuansa hangat akan menjadi favoritnya remaja untuk nongkrong dan sekedar curhat kepada teman dekat/ pacar.

taman kunang kunang dilihat dari atas
Taman Kunang Kunang Dilihat dari Atas
Kamu mau bermain di taman ini? Sebaiknya siapkan kamera dengan pencahayaan yang cukup agar kesan hangat yang ditawarkan oleh lampu kuning disini bisa kamu abadikan dengan total. Ingat, jangan pernah berkunjung ke tempat ini di siang hari, lampunya tidak akan kelihatan bagus.

Alamat:



BACA JUGA


Itulah 10 taman di Surabaya yang saat ini sedang hits dan banyak digemari untuk spot foto Instagram karena menawarkan kecantikan, dan keindahan yang tidak bisa dinilai dengan materi. Apakah kamu sudah siap mengunjungi satu persatu taman tersebut? Jangan lupa, ajak salah satu teman dekat kamu untuk berbagi pengalaman bersama.

Comments